Data Wilayah Administratif


 

A. Demografi

Pekon Tamansari merupakan salah satu Pekon di wilayah Kecamatan Pugung yang berada di atas bukit. Pekon Tamansari dapat dikatakan sebagai Pekon yang tertinggal dibandingkan dengan pekon – pekon lain di Kecamatan Pugung, terlebih dalam hal infrastruktur.

Hal ini disebabkan karena letaknya diatas bukit, sehingga sangat sulit di akses. Dengan sulitnya akses tersebut menyebabkan Pekon Tamansari sangat tertinggal dan minim informasi
Pekon Tamansari terletak di Pegunungan dengan ketinggian + 800 Mdpl dan mempunyai luas 4.250 ha.

 

B. Keadaan Sosial

Masyarakat Pekon Tamansari sebelum menetap di Pekon Tamansari awalnya adalah masyarakat pekebun sehingga lama kelamaan akhirnya menepat di Pekon Tamansari.

Sebagian besar masyarakat adalah petani yang menggarap kebun. Kehidupan masyarakat di Pekon Tamansari sama seperti di pekon-pekon yang lain, disamping kurang optimalnya pelayanan aparatur pekon kepada masyarakat karena luasnya wilayah, masyarakat juga sulit untuk diajak bekerja sama untuk memikirkan pembangunan pekon. Hal ini disebabkan karena kesadaran masyarakat yang sangat minim, juga faktor pendidikan masyarakat yang masih rendah.

 

C. Kedaan Ekonomi

Keadaan ekonomi masyarakat Pekon Tamansari sebagian besar mata pencahariannya adalah petani. Sebagian besar petani memiliki lahan pertanian sehingga bisa menggarap lahannya sendiri, dan sebagian lainnya mata pencahariannya adalah buruh tani, pedagang, guru, dan wiraswasta. Mata pencaharian masyarakat Pekon Tamansari dapat dilihat dalam tabel berikut :

Buruh Tani Petani Pedagang Guru Jumlah
420 364 55 25 990

 

D. Pembagian Wilayah

Pekon Tamansari terbagi menjadi 8 Dusun dan 19 RT, antara lain :
1. Dusun 1 Curupbandongan  2 RT
2. Dusun 2  Sinarbaru 3 RT
3. Dusun 3 Tamansari Lama 1 RT
4. Dusun 4 Pasar Tamansari 3 RT
5. Dusun 5 Bojong 2 RT
6. Dusun 6 Cihanda 3  RT
7. Dusun 7 Muaradua 2 RT
8. Dusun 8 Talang gudang 3 RT

You can share this post!

ad